Bidang Sosial Budaya


Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Sosial Budaya

Bidang Sosial dan Budaya dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BAPPEDA Kabupaten Lombok Barat. Bidang Sosial dan Budaya memiliki tugas pokok melakukan perencanaan dan koordinasi  kegiatan perencanaan pembangunan urusan pendidikan, kesehatan, kependudukan,  pemberdayaan perempuan, keluarga berencana dan keluarga sejahtera, sosial, tenaga kerja, kebudayaan, pemuda dan olah raga, kesatuan bangsa dan politik, pemerintahan umum, kepegawaian, pemberdayaan masyarakat, kearsipan, komunikasi dan informasi, serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan.

Dalam melaksanakan tugas pokoknya, Bidang Sosial dan Budaya menjalankan fungsi sebagai berikut :

  1. Melakukan perencanaan dan koordinasi kegiatan perencanaan pembangunan urusan pendidikan, kesehatan, kependudukan,  pemberdayaan perempuan, keluarga berencana dan keluarga sejahtera, sosial, tenaga kerja, kebudayaan, pemuda dan olah raga, kesatuan bangsa dan politik, pemerintahan umum, kepegawaian, pemberdayaan masyarakat, kearsipan, komunikasi dan informasi;
  2. Mengkoordinasikan dan memadukan rencana pembangunan yang disusun oleh SKPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat yang berada di bawah koordinasi Bidang Sosial dan Budaya;
  3. Melakukan inventarisasi pengelolaan di Bidang Sosial dan Budaya serta merumuskan langkah-langkah kebijakan pemecahannya; dan
  4. Melakukan dan atau mengkoordinasikan program tahunan di Bidang Sosial dan Budaya yang meliputi urusan pendidikan, kesehatan, kependudukan,  pemberdayaan perempuan, keluarga berencana dan keluarga sejahtera, sosial, tenaga kerja, kebudayaan, pemuda dan olah raga, kesatuan bangsa dan politik, pemerintahan umum, kepegawaian, pemberdayaan masyarakat, kearsipan, komunikasi dan informasi dalam rangka pelaksanaan Pembangunan Daerah.

Bidang Sosial dan Budaya terdiri dari 2 (dua) sub bidang yang dipimpin oleh kepala sub bidang, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Sosial dan Budaya. Rincian tugas pokok dan fungsi masing-masing sub bidang adalah sebagai berikut  :

  1. Sub Bidang Kesejahteraan Rakyat, Tugas pokok dan fungsi Sub Bidang Kesejahteraan Rakyat adalah mempersiapkan bahan penyusunan rencana dan program pembangunan urusan kesehatan, kependudukan,  pemberdayaan perempuan, keluarga berencana dan keluarga sejahtera, sosial, tenaga kerja, dan pemberdayaan masyarakat, serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan.
  2. Sub Bidang Pendidikan dan Budaya, Tugas pokok dan fungsi Sub Bidang Pendidikan dan Budaya adalah mempersiapkan bahan penyusunan rencana dan program pembangunan urusan pendidikan,    kebudayaan, pemuda dan olah raga, kesatuan bangsa dan politik, pemerintahan umum, kepegawaian, kearsipan, komunikasi dan informasi, serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s