Pembangunan Jalan jangan Dipolitisir


GIRI MENANGBeberapa anggota DPRD Lombok Barat (Lobar) menilai pembangunan jalan di Lombok Barat (Lobar) sering ”ditunggangi” kepentingan politik. Ini disebabkan beberapa ruas jalan di wilayah Lobar bagian tengah yang telah lama rusak tak juga diperbaiki justru pemkab lebih prioritas ke bagian selatan.

”Tolong diperhatikan jalan di sekitar Narmada dan Lingsar karena volume kendaraan juga sangat padat, potensinya juga besar,” kata Wakil Ketua Komisi II DPRD,  Indra Jaya Usman.

Pernyaataan Indra diperkuat dengan statemen Ketua komisinya Sulhan Muchlis Ibrahim. Politisi dari Kediri ini menganggap ada ketimpangan dalam pengerjaan jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU). Di satu sisi, pengerjaan jalan dilakukan tanpa sebelumnya ada permintaan dari masyarakat setempat. Setelah diselidiki ternyata di lokasi tersebut terdapat rumah pejabat. ”Kami meminta agar SKPD terkait membuat jalan karena memang kebutuhan bukan karena ada pejabatnya,” ujarnya. Dicontohkan Sulhan, beberapa lokasi seperti Bagik Polak, Kecamatan Labuapi, Banyu Urip, Kecamatan Gerung dan Narmada sudah tiga tahun masuk pembahasan Musrenbang. Namun dinas tak kunjung merespons permintaan warga. ”Dana APBD kita senilai ratusan miliar lantas dikemanakan,” tandasnya.

Diketahui, di Lobar ruas jalan yang dalam kondisi rusak berat sekitar 117,64 kilometer. Sejak 2009 Pemkab Lobar telah membangun ruas jalan sepanjang 32 kilometer. Dikonfirmasi, Kepala Dinas PU, Robijono Prasetijanto, membantah anggapan para anggota dewan tersebut. Pemkab menurutnya, ingin menjadikan semua jalan di wilayahnya hotmix namun karena keterbatasan anggaran membuat mereka harus melakukannya sesuai prioritas.

”Kriteria jalan yang menjadi prioritas salah satunya di lokasi itu terdapat potensi ekonomi cukup besar,” ujarnya.

Saat ini beberapa ruas jalan provinsi di Lobar tengah memasuki masa tender dan diperkirakan Juli nanti pengerjaannya dimulai. ”Beberapa ruas jalan yang akan masuk proyek tahun ini adalah di ruas jalan Gunung Sari menuju Tanjung, ruas jalan Desa Taman Ayu menuju Labuapi,” ujarnya

Tentang admin

website atau blog Bappeda Kabupaten Lombok Barat
Pos ini dipublikasikan di Berita Umum, Sosial Budaya. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s